SEO ( Search Engine Optimization) Penting Untuk Bisnis

Rabu, 21 Oktober 2009 |

Apa itu SEO (Search Engine Optimization)?

Seperti yang kita tahu, meskipun website sudah memiliki desain paling bagus sekalipun belum tentu cukup bagus jika visitor yang potensial tidak dapat menemukan website kita di search engine. Untuk mengatasi hal tersebut kita membutuhkan SEO.

Search Engine Optimization (SEO) membantu kita untuk memastikan website yang kita miliki lebih visible atau mudah nampang di search engine, mengendalikan traffic yang berkualitas untuk website kita, dan merubah traffic dari pengunjung atau visitor yang aktual.

SEO meningkatkan ranking website kita di dalam search engine dengan cara membuat halaman website kita lebih atraktif pada search engine. Menjadikan Website yang lebih atraktif untuk Google, dengan rangking yang lebih tinggi pada hasil pencarian halaman pada search Engine seperti Google.

Semakin tinggi ranking website kita, pengguna search engine akan dengan senang hati mengunjungi website kita. Secara, website dengan hasil pencarian pada halaman pertama Google akan lebih mudah mendapatkan traffic daripada website pada halaman 14.

Jika website kita terlewatkan dari hasil pencarian search engine teratas, kita tidak akan dapat memaksimalkan kemampuan kita untuk membangun bisnis baru dan menambahkan penghasilan dari website kita. Mari kita lihat kenyataan berikut ini:

1. 1.3 milyar lebih pengguna internet di dunia

2. Lebih dari 85% pengguna memulai browsing dari search engine

3. Hanya kurang dari 25% yang akan pergi di luar 10 hasil pencarian teratas search engine

4. 10 hasil pencarian teratas mendapatkan 80% traffic lebih dibandingkan dengan 11-30 hasil berikutnya.


Membongkar rahasia SEO

SEO konsisten pada beberapa kunci elemen yang bekerja bersama untuk menghasilkan peningkatan ranking website, traffic, dan konversi: seleksi keyword (Keyword Selection), Copywriting, membangun Link (Link building), Optimisasi HTML, dan tentu saja Analytic.

Sekarang, mari kita lihat masing-masing elemen secara lebih detail:

1.Seleksi keyword (Keyword Selection)

Pondasi utama dari SEO adalah menyelidiki keyword yang tepat. Ini dikarenakan kita harus menargetkan keyword-keyword yang tepat agar SEO kita berada pada jalur yang tepat.

Misalnya, jika website kita menekankan pada konten seperti blogging, gadget review, friendster, facebook, dan sebagainya, kita akan banyak menggunakan keywod tersebut pada website untuk mendapatkan ranking di search engine dengan kata atau frase tersebut dan juga frase yang menyerupainya.

Jika riset keyword kita mati atau kita salah menargetkan keyword, kita mungkin tidak mendapatkan visitor yang menginginkan konten yang kita tawarkan di dalam website kita. Itulah kenapa kita harus memastikan bahwa website yang kita miliki teroptimisasi dengan baik untuk pencarian keyword terbanyak yang terhubung dengan konten website kita.


2. Copywriting

Untuk mendapatkan visitor yang potential untuk website kita, kita harus meyakinkan mereka untuk datang kembali. Copywriting merupakan penggunaan kata-kata untuk mempromosikan apa saja yang ada di dalam website kita. Dalam hal ini copywriting yang kita gunakan harus persuasive atau bersifat ajakan.

Jika kita menjual produk di dalam website misalnya, pastikan bahwa customer kita tahu mengapa mereka membutuhkan produk atau jasa yang kita miliki dan termasuk poin konversi langsung dari website. Search engine menyukai konten, jadi kita juga harus mengoptimasi salinan untuk dimasukkan dalam keyword.

Ini termasuk sesuatu seperti halaman deskripsi produk yang kita tawarkan, termasuk konten seperti biografi, dan lain sebagainya. Satu poin penting untuk diingat adalah untuk menjaga konten paling kritikal. Ini merupakan area dimana sangat terlihat oleh pengguna sebelum mereka melihat lebih jauh.


3. Membangun Link (Link Building)

Link building seperti popularitas konten yang tinggi, serta search engine barang tentu juga menyukai konten yang populer. Kesuksesan kita di dalam search engine bergantung pada bagian dan jumlah dari link masuk yang relevan ke website kita.

Tentu saja, memiliki banyak link yang bagus juga mengendalikan pengunjung website kita, dimana merupakan sesuatu yang baik pula untuk perkembangan ranking. Link bisa datang dari banyak kemungkinan, termasuk direktori, teman bisnis, organisasi atau forum, situs jejaring sosial, dan lain sebagainya, termasuk blogwalking tentunya.


4. Optimisasi HTML

Tittle Tag, header Tag, Alt tag, Meta-description, search engine menginginkan HTML website kita menjadi lebih deskriptif dan bersih. Search engine ingin tahu apa yang kita muat dalam halaman website kita.

Search engine tidak menginginkan untuk mensortir kumpulan secara langsung dari kode yang tidak ada hubungannya dalam menggambarkan informasi halaman. Itulah kenapa kita mendengar tipe SEO berbicara tentang pentingnya memiliki kode HTML yang bersih dan bagaimana untuk menggunakan CSS untuk mewujudkannya.


5. Mengukur kesuksesan SEO

Tidak ada SEO yang lengkap tanpa adanya analytic. Setelah semua di atas dilakukan, jika kita tidak mengukur sesuatu seperti traffic, popularitas link dan konversi, bagaimana kita tahu apa strategi SEO kita bekerja? Nah, program-program seperti Clicks Track dan Google Analytics membantu memamah bilangan sedikit lebih mudah.

Ketika menganalisis SEO, sangat penting untuk hanya membuat satu kali perubahan sehingga kita tahu apa saja perubahan-perubahan yang efektif.


6. SEO yang efektif

Jika kita menginginkan untuk dapat memiliki SEO yang efektif, kita harus memasukkan salah satu dari 5 elemen di atas. Tentu saja banyak sekali strategi SEO lain yang bisa memberi keuntungan pada website kita.

Banyak sekali para webmaster yang telah sukses menggunakan berbagai macam strategi SEO dan sebagai newbie kita harus dapat menggali informasi sebanyak-banyaknya mengenai parameter kesuksesan strategi SEO yang akan kita gunakan.


Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

1. Tips Sukses Menjadi Affiliate Marketer
2. Trik Jitu Sebelum Mencoba Bisnis Affiliasi
3. Tips dan Trik Dahsyat Mencari Uang dari Internet
4. PTC Sumber Rejeki Baru
5. Cara Mendaftar Amazon
6. Hebatnya Al - Quranku






0 komentar:

Posting Komentar