Trik jitu sebelum mencoba Bisnis Affiliasi

Sabtu, 08 Agustus 2009 |

Affiliate Marketing merupakan sebuah jawaban yang sangat tepat untuk mereka yang baru atau ingin mencoba mulai berbisnis di internet (Pemula). Karena ia memiliki lebih sedikit resiko bagi kita selaku pelaku, banyak hal yang kita tidak perlu pikirkan dalam bisnis affiliasi bila dibanding kalau kita punya produk sendiri. Salah satu kemudahan kalau kita menjalankan bisnis Affiliasi adalah kita tidak perlu pusing masalah pengembangan produk dan biaya pengiriman.

Sebagai seorang affiliate kita hanya perlu mempromosikan suatu produk tertentu sehingga orang lain tertarik dengan produk tersebut lalu mau membelinya. Lebih mudah daripada kalau harus membuat produk sendiri. Namun begitu dalam bisnis ini kita masih perlu banyak kerja keras, khususnya dalam hal mempromosikan produk.

Berikut saya berikan 7 hal yang harus anda ketahui (bila anda seorang pemula) agar bisa berhasil dalam Affiliate Marketing yang mungkin nantinya akan anda ikuti, meski anda pemula sekalipun.

1. Fokus pada satu program affiliasi.

Meskipun anda bisa untuk mengikuti beberapa program afiliasi sekaligus pada saat yang sama, tapi akan lebih baik kalau awalnya anda fokus dulu ke 1 program bisnis affiliasi yang anda ikuti. Dengan fokus ke satu bisnis akan membuat anda lebih mudah untuk mempelajari dan memahami secara baik tentang hal-hal dasar dalam afiliasi marketing, ini sangat anda perlukan agar anda bisa kokoh dalam menjalankan bisnis ini. Karena pada dasarnya meskipun bisnis affiliasi adalah binis yang sangat mudah, namun anda tetap perlu untuk berusaha secara intens dan continue. Kalau anda percaya pada saya, tidak ada orang yang bisa kaya dalam semalam, apalagi kalau itu tanpa usaha. Nah, dengan fokus pada salah satu program bisnis akan membuat anda mampu untuk mewujudkan keberhasilan dalam bisnis ini.

2. Gunakan produk tersebut.

Jika memungkinkan, maka cobalah dulu produk yang akan anda jual. Jangan dulu berfikir berapa uang yang harus anda keluarkan untuk mencoba produk tersebut. Karena biaya anda tersebut nantinya akan bisa tertutupi/tergantikan dengan komisi yang akan anda dapatkan. Dengan mencoba produk tersebut terlebih dulu maka anda aka tahu seberapa kualitas produknya dan anda bisa membuat sebuah review berdasarkan pengalaman anda pribadi. Sehingga bila ada yang bertanya akan produk tersebut, anda bisa menjawabnya berdasarkan apa yang anda rasakan.

3. Berikan sedikit saja keterangan tentang produk tersebut.

Sebagai seorang affiliate anda tidak harus memberikan semua informasi tentang bisnis, produk, atau layanan yang anda promosikan. Berikan apa yang menurut anda orang lain perlu tahu tentang produk anda, namun jangan semuanya. Berikan sedikit informasi tentang keunggulan dan keuntungan dari yang anda tawarkan. Namun disisi lain anda juga harus menyimpan beberapa informasi penting lainnya, yang mungkin baru akan anda berikan suatu saat nanti. Dengan sistem seperti ini harapannya orang-orang akan penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang produk yang anda promosikan. Dan saat inilah anda mulai “memainkan”peran anda untuk membuat mereka bersemangat untuk segera melakukan pembelian.

4. Pilih produk yang tepat.

Memilih produk yang paling banyak dicari orang meskipun dia memberikan komisi sedikit akan lebih baik daripada kita memilih produk yang memberikan komisi tinggi namun jarang dicari orang. Jadi pilihlah produk apapun asal produk itu sedang banyak dicari orang lain, maka dijamin penjualan anda akan laku keras.

5. Manfaatkan Iklan Pay per Clik.

Anda perlu mencoba untuk menggunakan iklan PPC sebagai alat anda untuk berpromosi. Search engine seperti Google memiliki program ini (Adword). Dengan iklan PPC ini kita hanya perlu membayar sejumlah klik yang terjadi pada link iklan kita, jadi jangan khawatir kalau anda akan rugi karena sudah membayar namun iklan anda tidak ada yang meng-klik. Ini lebih baik daripada harus membayar untuk memasang iklan di suatu situs iklan, meski iklan tersebut anda yang meng-klik atau tidak. Iklan PPC biasanya memasang harga mulai dari $ 0,01 sampai $0,05 per klik-nya. Ini bisa anda sesuaikan dengan budget anda.

6. Promosikan melalui Web/Blog.

Anda bisa mempromosikan produk affiliasi anda melalui blog/web pribadi anda. Saran saya, lebih baik anda membuat 1 buah blog/situs untuk mempromosikan satu produk affiliasi yang anda miliki. Bila anda punya lebih dari satu produk affiliasi yang harus anda promosikan, maka lebih baik anda membuat blog baru untuk masing-masing produk tersebut.Karena dengan begitu maka situs anda akan terkesan lebih profesional, dan juga bisa lebih fokus menjual.

7. Tulis keterangan asli dari situs asal produk.

Bila dalam situs asli dari produk anda tersebut terdapat sebuah keterangan atau penjelasan tentang produk tersebut, maka tidak ada salahnya kalau anda memakai keterangan yang sama yang asli dari situs tersebut. Anda bisa menerjemahkannya dalam bahasa anda sendiri namun tetap menjelaskan hal yang sama tentang produk tersebut. Email atau konten template tetapi dapat membantu membuat sebuah awal yang baik. Hal ini lebih pribadi.

Dengan mengetahui 7 hal ini dan mengingatnya baik-baik dalam dalam diri anda, maka anda akan siap untuk memulai sebuah bisnis affiliasi dengan sukses.

Seperti yang telah saya sampaikan diatas, FOKUS merupakan salah satu rahasia utama dalam affiliate marketing. Untuk awal hal ini mungkin perlu diterapkan oleh setiap pemula, sehingga nantinya ia bisa terus mempelajari lebih lanjut dan dapat mengembangkan strateginya sendiri dalam menjalankan bisnis ini. :)

Jika nantinya satu bisnis anda telah bisa dengan baik anda jalankan, maka anda bisa menambahkan program affiliasi lain untuk anda ikuti. Yang penting adalah anda mau mengambil LANGKAH PERTAMA untuk memulai bisnis anda di internet.

Salam Sukses… Keep ACTION!!

0 komentar:

Posting Komentar